Lingkungan - 10 October 2023

PT Mifa Bersaudara Mining With Care For Nature

PT Mifa Bersaudara sebagai perusahaan pertambangan tidak hanya berkontribusi pada kemajuan ekonomi tetapi berperan aktif dalam menjaga keanekaragaman hayati yang ada di dalam perusahaan. Kesadaran terhadap pentingnya menjaga ekosistem lingkungan dan keanekaragaman hayati telah tertuang di dalam Visi & Misi Perusahaan serta terdapat di dalam Kebijakan Management PT Mifa Bersaudara yang Mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs).

PT Mifa Bersaudara memahami bahwa Keanekaragaman hayati merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan berkelanjutan. Keanekaragaman hayati menyediakan berbagai manfaat bagi manusia, mulai dari sumber daya pangan, obat-obatan, hingga jasa ekosistem yang penting untuk kehidupan. Pada saat yang sama, kegiatan pertambangan juga merupakan salah satu kegiatan penting yang mendukung pembangunan ekonomi.

PT Mifa Bersaudara berkomitmen penuh dalam melaksanakan penerapan Kaidah Penambangan Yang Baik secara  terukur,  efektif,  efisien,  bertanggung  jawab  dan berkelanjutan dalam upaya menjaga kelestarian keanekaragaman hayati, peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif serta terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Bentuk implementasi terhadap prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) telah dijalankan oleh PT Mifa Bersaudara dengan membangun fondasi yang kokoh dalam melestarikan ekosistem dan keanekaragaman hayati melalui pembentukan kawasan konservasi di dalam area Izin Usaha Pertambangan (IUP)  seluas 531 Ha. Kawasan konservasi milik PT Mifa Bersaudara tersebut dihuni oleh berbagai jenis flora dan fauna langka khas Aceh yang kedepannya akan bermanfaat secara ekologis dan ekonomis bagi Masyarakat sekitar tambang.

Upaya konservasi yang dilakukan telah memberikan dampak positif terhadap ekosistem dan keanekaragaman hayati khususnya di wilayah Aceh Barat. Keanekaragaman hayati di wilayah ini telah meningkat dibuktikan dengan bertambahnya nilai absolut dan jumlah spesies yang terekam di kawasan konservasi yang dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

 

Jenis-Jenis Flora di Kawasan Konservasi PT Mifa Bersaudara

 

Jenis-Jenis Fauna Di Kawasan Konservasi PT Mifa Bersaudara

Artikel Lainnya

Meulaboh - Memperingati Hut 77 Kemerdekaan Indonesia, Media Djaya Bersam...
Dalam rangka meningkatkan potensi akademik dan pengetahuan praktik lapan...
Medan - Selepas momentum peringatan Bulan K3 Nasional beberapa pekan lal...